SELAMAT DATANG DI BUKU HARIAN DESTA ADITYA RAMLANI. SEMOGA ANDA MENDAPATKAN APA YANG ANDA INGINKAN. JANGAN LUPA ISI KOMENTAR ANDA ATAU BUKU TAMU. TERIMAKASIH ATAS KUNJUNGANNYA......................... Desta Aditya Ramlani: Khasiat terung

Sabtu, 02 Mei 2009

Khasiat terung


Terung untuk Penyembuhan penyakit Varises

Terung (solanum melongena), tumbuhan ini luput atau terlupakan dari ingatan masyarakat, Karna selama ini masyarakat luas masih banyak yang menganggap terung itu hanya sebagai lauk, lalap, atau pelengkap makanan.
Padahal terung dapat mengobati penyakit Varises. Selain itu melancarkan peredaran darah, obat antikanker, bisa menurunkan kadar kolesterol. Terung perat yang dibakar menyembuhkan penyakit kulit sementara bagian akarnya dapat mengobati sakit gigi.

Penyebab Varises

1. Kehamilan, karena meningkatnya hormon progesteron dan bertambahnya berat badan saat hamil sehingga terbebani.
2. Kurang gerak, yang menyebabkan otot sekitar pembuluh darah vena tidak mampu memompa darah secara maksimal.
3. Merokok, membuat pembuluh darah kaku dan terjadi penyempita sehingga dinding pembuluh balik tidak elastis lagi.
4. Terlalu banyak berdiri, membuat kaki terlalu berat menahan tubuh dan memperpara beban kerja pembuluh vena dalam mengalirkan darah.
5. Memakai sepatu hak tinggi, gerak otot tumit yang berfungsi membantu kerja pembuluh darah menjadi tidak maksimal



Gejala terjadinya varies umumya yaitu

- Mula – mula kaki dan tungkai terasa berat diikuti otot yang mudah pegal,kaku,panas dan sakit di sekitar kaki dan tungkai.biasanya rasa sakit ini dirasakan menjelang malam,akibat tidak lancarnya aliran darah.

- Mudah kram,meski kaki dalam keadaan santai..

- Muncul pelebaran pembuluh darah rambut yang mirip jarring laba – laba.

- Perubahan warna kulit disekitar mata kaki,akibat tidak lancarnya aliran darah.Umumya juga diikuti dengan luka.

- Kaki bengkak karena adanya pembendungan darah.

- Perubahan pada pembuluh vena luar, misalnya dibetis bagian belakang tampak urat kebiru – biruan dan berkelok – kelok ini merupakan gejala kronis varises.

Dewasa ini seiring perkembangan dan kemajuan zaman yang menyebabkan pesatnya arus teknologi sehingga varises pun bias di sembukan dengan metode yang lebih modern atau canggih.adapun cara penyembuhan dengan cara modern dalah seperti:

- Memakai sinar laser untuk mengringkan pembuluh darah.

- Terapi alat listrik, dengan , memasukan zat tertentu kedalam kulit yang bertujuan mengecilkan atau mengerutkan pembuluh darah.

- Stocking khusus varises, ini berfungsi menekan pembuluh vena sehingga otot dan dinding vena bias kembali kerja maksimal.

Adapun pencegahannya yaitu dengan cara:

- Seusai beraktivitas kaki di lemaskan atau tidak tegang agar darah lancar.

- Tidak berdiri terlalu lama.

- Tidak memijat bagian yang terkena varises karena dapat menyebabkan pecahnya pembuluh vena.

- Kurangi konsumsi gula,garam daging merah,makanan berminyak,dan protein hewani.

- Perbanyak konsumsi sayuran dan buah berserat tinggi dan makan yang dapat merangsang sirkulasi darah seperti bawang merah,bawang putih,bawang Bombay,jahe,dan cabai merah.

- Sering - sering duduk berselonjor kaki.

Kandungan zat pada Terung

Kandungan pada terung diantaranya berupa energi sebanyak 17,4 kal, protein 1,2 gram, lemak 0,2 gr, kolesterol 0 mg, vitamin (A, B1, B2, B6, dan C) sebanyak 0-2,8 mg. Selain itu juga mengandung potasium sebanyak 187 mg, dan kandungan Dalam tiap 100 gram terung segar terdapat kandungan zat sebagai berikut : 24 kal kalori, 1,1g protein, 0,2g lemak, 5,5g Krbohidrat, 15,0mg kalsium, 37,0mg fosfor, 0,4mg besi, 4,0SI Vitamin A, 5mg Vitamin C, 0,04 vitamin B1, 92,7g air.

ungan air 92,5 gr. Keunggulan terung terletak pada kadar potasium (kalium) yang tinggi, yaitu sekitar 217 mg/100 g, serta kadar sodium (natrium) yang sangat rendah, yaitu 3 mg/100 g. Kadar kalium yang tinggi dan natrium yang rendah sangat menguntungkan bagi kesehatan, khususnya dalam pencegahan penyakit hipertensi. Selain itu, terung mengandung serat pangan dalam jumlah lumayan banyak, yaitu 2,5 g/100 g, sehingga baik untuk pemeliharaan saluran pencernaan. Vitamin yang cukup menonjol pada terung adalah asam folat, dengan kadar 19 mikrogram per 100 gram bahan. Beberapa jenis terung, seperti Solanum khasianum, Solanum laciniatum, dan Solanum grandiflorum, diketahui mengandung senyawa alkaloid berupa solasodin dalam jumlah cukup tinggi, yaitu antara 2,0 hingga 3,5 persen. Senyawa tersebut dapat digunakan sebagai bahan baku untuk kontrasepsi oral, sebagai pil untuk kepentingan program keluarga berencana Kalorinya per 100 gram hanya sekitar 20 g, sedangkan kandungan mineral lainnya cukup banyak; kalsium (7 mg), magnesium (11 mg), potassium (189 mg), magnesium (11 mg), besi (0.20 mg) dan sodium (2 mg). Kecuali itu kandungan serat yang cukup membuat terung ini sangat dianjurkan untuk mereka yang ingin menurunkan berat badan. Jadi, tak perlu takut loyo. Justru kandungan vitamin C, Vitamin K dan sejumlah mineral itu bakal membuat tubuh lebih prima.Menurut Prof.H.M.Hembing Wijaya Kusuma,2004.”Kandungan kimia pada terung yaitu, 5 hidroksi-triptamina,asam amino,alanina,arginia,asam askorbat,betakaroter,asam klorogenat,asam folat,glikoalkoid,girissidasteroid,solanina,solaridina,solasodina,ternitiamin,protein,karbohidrat,vitamin A,B kompleks,dan c”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar